Senin, 18 Juni 2012

RPP FISIKA SMP (pesawat sederhana)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA
Alokasi Waktu             : 4 x 45 menit


Standar Kompetensi
           5.     Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
  5.4. Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam                            kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.    Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gear).
2.    Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian pesawat sederhana.
2.      Menyebutkan pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Menjelaskan mekanisme pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Menyebutkan macam-macam tuas.
5.      Menjelaskan prinsip kerja tuas.
6.      Menjelaskan keuntungan mekanik tuas.
7.      Menjelaskan keuntungan mekanik katrol.
8.      Menjelaskan prinsip kerja bidang miring.
9.      Menjelaskan keuntungan mekanik bidang miring.
10.  Menyebutkan contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.
11.  Menyelidiki bidang miring pada sekrup.
12.  Menjelaskan prinsip kerja roda gigi (gir).

B. Materi Pembelajaran
          Energi dan Usaha
  
C. Pendekatan Pembelajaran
1.      Model
-  Cooperative Learning tipe STAD
2.      Metode :
-  Diskusi kelompok
-  Eksperimen
-  Observasi
Ceramah     
D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
1.      Motivasi dan Apersepsi:
-        Benarkah yang disebut pesawat harus selalu peralatan rumit dan menggunakan teknologi tinggi?
-        Bagaimana menghitung keuntungan mekanik sistem katrol?
2.      Prasyarat pengetahuan:
-        Apakah yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
-        Apakah yang dimaksud dengan keuntungan mekanik? 
3.      Pra eksperimen:
-        Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
1.      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
2.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pesawat sederhana.
3.  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebilah papan yang kuat sepanjang 1 m, sebuah beban bermassa kira-kira 10 kg, kayu berbentuk prisma segitiga, dan sebuah neraca pegas dengan skala terbesar 500 N.
5.    Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati prinsip kerja tuas (Kegiatan 2.7 h.44).
6.    Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
7.      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
8. Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai macam-macam tuas berdasarkan susunan kuasa, penumpu, dan beban.
9.      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan prinsip kerja tuas.
10.  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
11. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
12.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan keuntungan mekanik tuas.
13.  Peserta didik memperhatikan prinsip kerja katrol yang disampaikan oleh guru.
14.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan keuntungan mekanik katrol.
15.  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan keuntungan mekanik tuas dan katrol.
16.  Guru memberikan beberapa soal menentukan keuntungan mekanik tuas dan katrol untuk dikerjakan oleh peserta didik.
17.  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan

c. Kegiatan Penutup
1.   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
3.      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

            a. Kegiatan Pendahuluan
1.      Motivasi dan Apersepsi:
       - Benarkah dengan menggunakan bidang miring, gaya dorong yang dibutuhkan menjadi lebih kecil daripada berat beban?
     -   Adakah pesawat sederhana yang dapat menggandakan gerakan?
2.      Prasyarat pengetahuan:
    -   Bagaimana prinsip kerja bidang miring?
    -   Bagaimana prinsip kerja roda gigi (gir)? 
3.      Pra eksperimen:
-   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
1.  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
2.   Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil selembar kertas, gunting, dan pensil.
3. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki bidang miring pada sekrup (Kegiatan 2.10 h.50).
4.  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
5.  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
6.      Peserta didik memperhatikan prinsip kerja bidang miring yang disampaikan oleh guru.
7.  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan keuntungan mekanik bidang miring.
8.      Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan keuntungan mekanik bidang miring.
9.  Guru memberikan beberapa soal menentukan keuntungan mekanik bidang miring untuk dikerjakan oleh peserta didik.
10. Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
11. Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.
12.  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
13. Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
14.  Peserta didik memperhatikan prinsip kerja roda gigi (gir) yang disampaikan oleh guru.
c. Kegiatan Penutup
1.   Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
3.      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Bahan ajar dan buku referensi yang relevan.
b.Alat dan bahan praktikum 

F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes unjuk kerja
-      Tes tertulis
             b. Bentuk Instrumen:
-      Uji petik kerja prosedur
-      Tes uraian
            c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes uraian
Seseorang hanya mampu mengangkat benda dengan gaya 60 N. Tentukan   berat beban yang sanggup ia angkat, jika:
                           a. menggunakan satu katrol tetap
    b. menggunakan satu katrol bergerak
                                                                                               
                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar